Minggu, 21 Maret 2010

Tugas 3

Nama : Andrean Effendi

NPM : 30109980

Kelas : 1 DB 14


Soal :


1. Sebutkan gaya kepemimpinan yang anda ketahui

2. Sebutkan manfaat dari organisasi informal

3. Sebutkan beberapa jenis bagan struktur organisasi

4. Jelaskan perbedaan Tata Kerja, Sistem Kerja dan Prosedur kerja


Jawab :


1. Ada 3 macam gaya kepemimpinan yang berbeda:


a. Otokrasi,mempunyai ciri-ciri:
• Kebijjaksanaan dilakukan oleh pemimpin
• Teknik dan langkah di dikte oleh atasan
• Pemimpin biasanya mendikte tugas setiap anggotanya.
• Pemimpin cenderung menjadi pribaddi dalam pujian dan kecamannya terhadap setiap anggota


b. Demokratis, mempunyai ciri-ciri:
• Semua kebijaksanaan terjadi pada kelompok diskusi dan keputusan diambil dengan dorongan dan bantuan dari pimpinan.
• Kegiatan-kegiatan didiskusikan langkah-langkah umum untuk tujuan kelompok dibuat, dan bila dibutuhkan untuk petunjuk-petunjuk teknis pemimpin mengarahkan dua atau alternative prosedur yang dapat dipilih.
• Para anggota bebas bekerja dengan siapa saja yang mereka pilih dan pembagian tugas ditentukan oleh kelompok
• Pemimpin adalah obyektif atau “fact minded”.


c. Laissez Faire, mempunyai cirri-ciri:
• Kebebasan penuh bagi keputusan kelompok atau individu dengan partisipasi minimal dari pimpinan.
• Bahan-bahan yang bermacam-macam disediakan oleh pimpinan yang membuat orang selalu siap bila dia akan memberikan informasi pada saat ditanya.
• Sama sekali tidak ada partisipasi dari pimpinan dalam penentuan tugas
• Kadang-kadang memberi komentar spontan terhadap kegiatan anggota.


2. - Memberi dukungan terhadap tujuan organisasi

- Tambahan bagi komunikasi (melengkapi perusahaan dengan jalur komunikasi tambahan)

- Alat pemuas kepentingan social (organisasi informal memiliki fungsi penting, yaitu sebagai pemersatu dan memberi ketenangan bagi individu)

- Kompensasi bagi manajer yang kurang memiliki kapabilitas


3. - Bagan struktur organisasi garis

- Bagan struktur organisasi fungsional

- Bagan struktur organisasi matrik

- Bagan struktur organisasi garis dan staff

- Bagan struktur organisasi fungsional dan garis


4. Tata kerja : merupakan cara pekerjaan yang benar dan berhasil guna atau bias mencapai tingkat efisiensi yang tinggi.

Prosedur kerja : Merupakan tahapan dalam tata kerja yang harus dilalui suatu pekerjaan baik mengenai baik dari mana asalnya dan menuju kemana, kapan pekerjaan itu harus selesai maupun alat apa yang harus digunkan agar pekerjaan itu dapat selesai

Sistem kerja : merupakan susunan antara tata kerja dengan prosedur yang menjadi satu sehingga membentuk suatu pola tertentu dalam menyelesaikan pekerjaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar