Senin, 24 Oktober 2011

Belajar jadi orang kaya

Komat-kamit dikit, mengucap syukur untuk pagi yang baru..semangat yang baru, dan tentu bukan pacar baru. Begitulah setiap bangun pagi, memulai hari dengan cara yang sama. Kalau dipikir-pikir, kayaknya setiap orang ngga punya alasan deh buat ngga bersyukur. Coba deh ingat-ingat setiap hal yang sudah dilewati, hal besar sampai hal kecil apapun. Dari mulai punya penyakit yang kata dokter bisa merenggut nyawa sewaktu-waktu tapi ternyata sampai sekarang masih bisa gelendotan, salto, senam lantai, masih bisa lari kalau dikejar anjing, masih bisa malam mingguan ihii prikitiuw. Atau lagi ngga ada duit tiba-tiba di angkot ada yang bayarin angkotnya (bukan angkotnya, maksudnya ongkos angkotnya). Atau sekedar lagi bete berat, tiba-tiba betenya hilang gara-gara ada anak kecil lewat di depan kita sambil pakai kolor doang trus jalan-jalan sambil pantatnya naik turun ngegemesin. Atau punya kekasih yang selalu siap sedia sun dan peluk kita entah dalam wujud nyata atau sekedar via sms atau telfon. Menurut saya sih..menurut saya lho ya... itu semua bisa dijadiin alasan buat bersyukur, bisa banget malah.

Mungkin kadang kita makan makanan seadanya, tahu-tempe-nasi atau nasi-tempe-tahu atau tempe-tahu-nasi (iya cuma dibolak-balik doang). Kalau lagi mau ngeluh, coba deh bayangin mbah-mbah di pelosok sana yang sudah tua sekali..berjalan saja sulit, sudah ngga bisa main bola, ngga sanggup buat ngunyah kerupuk cuma bisa diemut karena gigi pun sudah ngga ada, tinggalnya pun seorang diri tanpa ada yang merawat. Setiap hari makan dari hasil kebaikan hati para tetangga, atau ngga makan kalau lagi ngga ada yang ngasih. Bersyukurlah masih bisa makan tahu tempe nasi...

Tinggal di rumah yang ngga nyaman? Belum punya ruangan pribadi..belum punya kasur pribadi..belum punya mobil pribadi..belum punya rumah pribadi..pokoknya semua ngga ada yang milik pribadi, kecuali pacar sebagai satu-satunya harta milik pribadi. (astaga malang nian nasibmu nak nak..) Tapiiii! Masih tetap ada alasan untukmu bersyukur lho.. Di jalanan masih banyak yang tidurnya di kolong jembatan atau di depan ruko-ruko, lagi panas ya kepanasan, hujan ya kehujanan. Ngga ada yang bisa meluk kalau lagi merasa cW3dYy1H c3k4Li h4tiQqUwh (sedih sekali hatiku), bisanya cuma ngobrol sama debu jalanan. Bersyukurlah masih punya tempat berteduh...

Kadang kita sebel punya orangtua ngga seperti yang kita harapkan, bawellah, beginilah begitulah, maunya diturutinlah. Kita ngga menetas dari telur trus tiba-tiba jeng jeeng jadi gede sendiri kayak sekarang. Kita bukan kayak tikus yang muncul dari kain usang seperti teori generatio spontanea teorinya Aristoteles. Kita juga ngga tiba-tiba muncul dari tanah trus menggeliat-geliat dan tiba-tiba jadi anak sekolahan. Hehehee.. Coba deh dipikir..berapa banyak anak di luar sana yang ngga punya kesempatan sekalipun dan ngga pernah ngerasain manggil “mama..” “papa..” “mami..” “papi..” “ayah..” ibu..” “aba..” “emak..” hehehee.. Bersyukurlah masih bisa manggil “papa...” atau “aba...” atau “ayah...”.. (walaupun habis manggil trus disambit sepatu. Hahaha..)

Bersyukur itu juga bisa dijadikan salah satu alasan terbaik untuk melakukan sesuatu yang pada hasilnya akan membuahkan hal baik dan syukur-syukur yang lain. Contoh: saya bersyukur dengan pacar yang saya miliki, maka sebagai ungkapan syukur saya pastilah saya akan menjaga dia sepenuh hati dan jiwa. Berupaya sedemikian rupa agar hubungannya terjaga, terawat dengan baik. Alhasil, bersyukur lagi deh punya hubungan yang hangat dengan kekasih (ejiiiiee suit suiiit angeeet..mau dong diangetin. Krik krik..). Nah contoh lain, bersyukur masih bisa sekolah..maka sebagai rasa syukur, sekolah dengan giat. Dan ternyata jadi juara.. Alhasil, bersyukur lagi deh kan bisa jadi juara hehehee.. Kadang kita cuma lupa bersyukur, karena kita terlalu bersemangat meresponi hal buruk ketimbang hal baik yang ada di dalam hidup kita. Sedaaap.. (Teori kehidupan memang selalu renyah terdengar tetapi kadang sulit untuk dijadikan makanan sehari-hari). Yaa intinya..Masih bisa jalan, ngomong, ketawa, nangis, makan, minum, disun, dipeluk, disayang, menyayangi.. Banyak kan alasan untuk bersyukur? Bersyukurlah!

Terlalu banyak alasan buat bersyukur. Dan ngga ada alasan buat ngga bersyukur hehee. Belum jadi orang kaya? Ngga apa-apa... Mulai aja dari “belajar jadi orang kaya”.. Kaya akan rasa syukur!



sumber : http://www.facebook.com/note.php?note_id=10150307668165766

Tidak ada komentar:

Posting Komentar